Kamis, 08 Desember 2016

Jenis-jenis Alat Service Komputer dan Penjelasannya

hai sobat blogger, akhirnya saya dapat menulis lagi di artikel pada blog ini meskipun di tengah kesibukan kerja...tapi harus tetap semangat ngeblog & sharing ilmu.buat kamu yg mau menekuni dunia servis laptop & komputer / elektronika, maka  hal yg harus diperhatikan yaitu buat mendukung pekerjaan yg berhubungan dg service komputer Bekasi & Laptop maka kamu harus  memiliki perkakas sbg berikut :

blower alat service komputer

a. Screw Driver Set

    Screw driver set adalah seperangkat obeng dg berbagai ukuran dr bentuk & ujungnya. perkakas ini multlak  harus ada karena setiap merek laptop ka&g baudnya berbeda shg memerlukan obeng yg berbeda. dg screw driver set  jadi gampang dalam membuka baut karena ukuran & jenis obeng sudah ada dalam satu paket.                                                    

b. Laptop Case Open Pry Tool

    Casing laptop kebanyakan dibuat dr plastik yg gampang patah & rusak,  membuka casing laptop tidak gampang. buat membuka laptop memang  hati-hati, casing laptop dibuat dr plastik shg apabila membuka / mencongkel dg obeng negatif maka resikonya casing akan tergores & rusak. buat menanggulanginya maka memakai alat ini karena dibuat dr plastik jadi tidak merusak casing.
                                             
c. Hook And Pick Set

    Hook and pick set yaitu alat yg digunakan buat mengambil / menarik kabel yg ada pada laptop. Biasanya alat ini bentuknya seperti obeng dg ujung melengkung / juga lancip, dg alat ini pengambilan kabel menjadi lebih gampang meskipun di celah yg sempit.
                                                         
d. Multimeter

    Multimeter adalah alat yg digunakan buat mengukur tegangan, hambatan & arus listrik. perkakas ini adalah perkakas wajib buat melakukan servis laptop khususnya pada buatan mainboard & buatan yg lain yg masih berhubungan dg listrik.                                                

e. Solder

    Ada kalanya saat memperbaiki laptop pada buatan mainboard ada komponen yg rusak & harus diganti. buat melepas komponen yg berukuran besar kamu memakai solder. Solder yg di pakai buat servis laptop biasanya memakai solder temperatur jadi solder yg panasnya dapat diatur, karena setiap komponen memiliki ketahanan panas yg berbeda, jadi apabila kamu memakai solder dg temperatur kamu dapat menyesuaikan dg jenis komponen yg akan kamu lepas.
                                         
f. Desoldering Pump

    Desoldering pump yaitu alat yg di gunakan buat penyedot timah bekas solderan setelah timah meleleh / dilelehkan dg solder. Solder ini digunakan pada komponen yg kakinya berukuran besar.

g.    Solder Wight

    Solder wight fungsinya sama dg desoldering pump, perbedaanya terletak pada penggunaanya berbeda yaitu setelah timah dipanaskan dg solder kemudian tempelkan solder wight ke timah & otomatis timah akan terserap oleh solder wight. Solder wight dibuat dr serabut / anyaman tembaga. Solder wight biasanya digunakan buat melepas / merapikan solderan komponen yg mempunyai kaki kecil misalkan IC & sbgnya.
                                               
a.    Kuas Halus

    Banyak laptop yg rusak karena overheat / terlalu panas. Kemungkinan besar laptop terlalu panas karena sistem pendmauan kipas kurang lancar & biasanya sering diakibatkan karena saluran udara terhambat oleh tumpukan kotoran & debu. buat menghilangkanya maka harus memakai kuas buat membersihkan debu baik yg berada disaluran udara /pun di mainboard.                                                  
b.    Pinset

    Pinset berfungsi buat mengambil komponen setelah di solder. buat melelehkan timah diperlukan suhu yg tinggi sekamur 450 °C. Setelah meleleh komponen di angkat, karena komponen masih sangat panas jadi kamu memerlukan pinset buat mengambil komponenya.
                                                   
c.    Solder uap

    Solder uap digunakan buat melepas komponen yg kecil misalnya komponen SMD / IC yg tidak mungkin di lepas dg solder. Solder ini berbeda dg solder biasa karena panas yg disalurkan ke komponen bukan memakai logam tetapi memakai udara, jadi panasnya dapat merata. Solder uap juga dilengkapi dg pengatur suhu sesuai dg yg kamu maukan.                                              

d.    Power suply

    Power suply yaitu alat yg berfungsi menurunkan tegangan AC tinggi ke tegangan DC rendah. Power suply digunakan sbg pengganti adaptor. Kelebihan alat ini yaitu tegangan & arus yg dapat dirubah & konektornyapun dapat digonta ganti sesuai dg jenis laptop yg diperbaiki.

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus